Peluang Bisnis Bagi Enterpreneur Muda, Desain Logo Perusahaan

 

Logo identik dengan sebuah perusahaan ataupun instansi, baik swasta maupun milik pemerintah. Logo merupakan identitas sekaligus ciri khas dari sebuah bisnis. Walaupun nampak sepele, ternyata peran logo cukup vital, pasalnya logo biasa mewakili perusahaan pada event-event tertentu.

Logo perusahaan sebaiknya dibuat simple, unik, dan memiliki makna. Masyarakat cenderung akan mengingat sesuatu yang unik dan simple. Anggap saja contoh logo “✓” yang tersemat pada sepatu atau kaos pasti seseorang sudah paham jika itu merupakan produk “Nike”.

Memanfaatkan Peluang Bisnis Logo Perusahaan

Perekonomian yang semakin baik dapat dilihat dari semakin banyaknya bisnis baru yang mulai tumbuh. Selain memerlukan SDM dan SDA perusahaan baru tersebut juga memerlukan logo sebagai identitas mereka agar lebih mudah dikenal masyarakat.

Biasanya dalam urusan mendesain logo mereka lebih mempercayakan kepada jasa pembuat logo baik secara langsung maupun online. Oleh karena itu membuka bisnis jasa pembuatan logo perusahaan terlihat sangat menjanjikan terlebih lagi tidak memerlukan modal yang besar.

Berikut hal-hal yang diperlukan sebelum membuka bisnis jasa pembuatan logo :

  1. Siapkan modal awal sekitar Rp 20.000.000. Modal ini nantinya akan dibelikan peralatan dan perlengkapan pendukung usaha.
  2. Buka bisnis di rumah untuk menghemat biaya sewa gedung. Karna bisnis ini tidak memerlukan ruangan yang besar.
  3. Beli peralatan elektronik seperti 1 unit komputer atau laptop minimal Pentium 7, 1 unit printer WIFi agar hasil print lebih baik, dan perangkat penunjang lainnya.
  4. Berfikir kritis agar bisa mendapatkan ide kreatif dalam menentukan desain. Logo yang baik adalah logo dengan desain yang sederhana dan unik namun bisa mewakili tujuan dan misi perusahaan.
  5. Iklan, untuk menghemat biaya produksi sebaiknya pasang iklan di media sosial seperti Facebook dan Instagram pada grup tertentu, untuk menarik minat pelanggan sertakan pula promo pembuatan logo. Misal untuk pembuatan pertama kali diskon 50%.
  6. Mencari informasi tentang lawan bisnis dengan begitu anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya, sehingga anda bisa meningkatkan kualitas agar bisa bersaing dengan lawan bisnis anda.

Segala macam usaha jika dibarengi dengan niat dan usaha keras pasti membuahkan hasil yang manis. Terus berdoa dan tidak mudah putus asa merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis jasa desain logo perusahaan.