Lebih Dekat dengan Roy Keane

Bagi kamu penggemar Manchester United (MU), tentunya sudah kenal betul dengan sosok Roy Keane yang memiliki nama lengkap Roy Maurice Keane. Sosoknya yang berkarakter membuat ia ditakuti lawan dan beberapa pemain lainnya di timnya.

Memang pria kelahiran 10 Agustus 1971 di Mayfield, Cork, Irlandia ini dikenal sebagai salah satu pemain bola yang mengerikan, khususnya dalam sejarah Liga Primer Inggris. Nah, penasaran dengan sepak terjang Roy Keane semasa masih berjaya di lapangan? Jika penasaran, yuk simak penjelasan berikut ini.

Awal Karir Roy Keane

Lebih Dekat dengan Roy Keane

 

Roy Keane mengawali karirnya sebagai pemain sepak bola dengan bergabung di Klub Cobh Ramblers Islandia. Kepiawaiannya dalam menguasai bola membuat Brian Clough mengajaknya ke Nottingham Forest dan menandatangani kontrak bernilai 3,75 juta pound.

Kontrak tersebut ditandatangani di tahun 1993 saat musim panas tiba. Kemudian ia pindah ke Old Traford dan bergabung dengan MU pada tanggal 19 Juli 1993. Nah, di MU inilah Roy Keane dipercaya sebagai pemain kunci, pemimpin serta motivator bagi pemain lainnya saat di lapangan.

Kiprahnya di Lapangan Bola

Lebih Dekat dengan Roy Keane

Sepak terjang Roy Keane di lapangan bersama MU tidak perlu diragukan lagi. Berdasarkan Prediksi Skor Bola, laga pertandingan Roy Keane sejak debutnya pada tanggal 7 Agustus 1993 hingga ia memutuskan pensiun di bulan Juni 2006 adalah 480 laga pertandingan.

Dari 480 laga pertandingan tersebut, tercatat Prediksi Skor Bola total gol yang telah diciptakannya adalah 51 gol. Kiprah Roy Keane juga diakui oleh Sir Alex Ferguson pelatih MU,  Ferguson menyatakan bahwa Roy Keane adalah pemain terbaik.

Roy Keane merupakan sentral gelandang yang sukses selama 17 tahun ia berkarir. Berdasarkan Prediksi Skor Bola laga pertandingan yang dikuti oleh Roy Keane, ia tercatat sebagai pemain yang kompetitif dan agresif. Oleh karenanya, kedudukannya sebagai kapten MU sejak tahun 1997 hingga 2005 belum tergantikan.

Selain telah memperkuat MU dalam meraih treble di tahun 1999, Roy Keane juga ikut berkiprah di sepak bola internasional dengan membela Timnas Republik Irlandia selama 14 tahun lamanya. Adapun kiprahnya di dunia sepak bola internasional adalah sebagai kapten Timnas Republik Irlandia di Piala Dunia 1994. Namun, di Piala Dunia FIFA 2002, Keane dipulangkan karena bermasalah dengan Mick McCarthy.

Setelah pensiun di tahun 2006, Roy Keane menjadi manajer Sunderland. Prestasinya sebagai manajer pun lumayan baik, jika dilihat dari Prediksi Skor Bola kompetisi Coca Cola, Sunderland yang dipimpin oleh Keane berada di urutan 23 klasemen pada kompetisi tersebut.

Fakta Mengejutkan Tentang Roy Keane

Bukan hanya piawai dalam bermain bola, Roy Keane juga meluncurkan autobiografi tentang dirinya. Banyak fakta mengejutkan tentang dirinya yang tidak banyak diketahui oleh publik. Adapun fakta mengejutkan dalam autobiografi yang berjudul The Second Half  adalah sebagai berikut.

  1. Roy Keane pernah bergelut dengan Peter Schmeichel hingga mata Peter si kiper Denmark lebam saat tur pra musim Asia tahun 1998.
  2. Keane pernah dikenai denda sebesar 155.000 poundsterling dan mendapat hukuman skorsing selama 8 pertandingan.
  3. Ia juga pernah bersiteru dengan pelatihnya di MU yaitu Sir Alex Ferguson.

Nah, di atas adalah sepak terjang Roy Keane yang dikenal sebagai pemain yang keras dan mengerikan. Namun, pada dasarnya Keane adalah seorang pemain sepak bola yang baik dan melegenda.