Kenali Perbedaan Bitmap & Vektor Agar Mampu Menentukan Jenis Gambar Mana Yang Sesuai Untuk Desain Kalian

 

Kenali Perbedaan Bitmap & Vektor Agar Mampu Menentukan Jenis Gambar Mana Yang Sesuai Untuk Desain Kalian

Anak desain pasti tidak asing lagi dengan istilah bitmap serta vector. Keduanya memang digunakan untuk keperluan desain dan membuat berbagai produk digital. Produk seperti tali id card juga memanfaatkan gambar bitmap ataupun vector. Baik bitmap maupun vector tentu saja memiliki fungsi yang berbeda.

Perbedaan antara Bitmap dan Vector yang Perlu diketahui

Agar lebih paham, berikut ini akan dipaparkan lebih jelas tentang perbedaan antara bitmap dan vector.

Ukuran

Pembahasan pertama berkaitan dengan ukuran. Terdapat perbedaan cukup mencolok antara keduanya terkait dengan ukuran. Gambar bitmap memiliki ukuran yang lumayan besar. Ukuran ini tentu saja mampu mempengaruhi kapasitas ruang pada PC. Vektor memiliki ukuran yang relative lebih kecil. Gambar vector tidak membutuhkan banyak ruang pada Pc.

Zoom

Gambar hasil desain biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan. Desain bisa dibesarkan atau dikecilkan. Gambar bitmap merupakan gambar yang tidak cocok untuk dibesarkan. Gambar yang dibesarkan berpotensi menjadi pecah dan tidak jelas. Oleh karena itu sebaiknya atur ukuran fix terlebih dahulu ketika akan membuat desain dengan gambar bitmap.

Hal yang berbeda terjadi dengan gambar vector. Gambar atai desain vector ini tidak akan pecah ketika diperbesar. Jadi, gambar tidak akan berubah gambarnya. Oleh karena itu kalian tidak perlu ragu dan bingung ketika akan memperbesar gambar untuk berbagai keperluan.

Kegunaan

Poin paling penting dari keduanya adalah manfaat. Baik bitmap maupun vector tentu saja memiliki manfaat yang berbeda. Perbedaan yang dijelaskan sebelumnya tidak bertujuan untuk menjatuhkan salah satu gambar. Bitmap maupun vector ini bagus tergantung bagaimana cara memanfaatkannya. Vector ini biasanya digunakan untuk mendesain logo.

Logo pada tali id card Jakarta dari http://produksitaliidcard.com/ biasanya memanfaatkan gambar vector. Bitmap ini lebih dimanfaatkan untuk kegiatan manipulasi foto. Kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan edit foto dianjurkan untuk menggunakan bitmap. Gambar bitmap maupun vector dibuat berdasarkan kegunaan dan fungsi masing-masing. Jadi tidak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Yang lebih baik adalah yang digunakan paling sesuai.