Jenis Alat Konstruksi Beserta Fungsinya

Keberadaan alat berat memang sangat dibutuhkan pada saat pekerjaan proyek. Alat berat merupakan mesin besar yang didesain khusus untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah dan memindahkan bahan bangunan. Alat ini sendiri terdiri dari beberapa komponen, seperti struktur, alat traksi, implamen, transmisi, sumber tenaga, dan sistem kendali.

Dalam penggunaan alat berat yang tidak tepat  dapat mengurangi sistematis pekerjaan dan juga berpengaruh terdahap kerugian, seperti rendahnya produksi, tak tercapainya target yang ditentukan, atau kerugian biaya yang tak semestinya didapat. Maka dari itu, sebelum menentukan tipe dan jumlah peralatan sebaiknya memahami terlebih dahulu fungsi dan pengaplikasiannya.

Berbagai Macam Alat Berat

Alat berat adalah alat yang sering digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dalam melakukan proyek pembangunan. Tujuan dari alat-alat ini adalah guna mempermudah pekerjaan manusia agar menjadi lebih mudah, sehingga target bisa tercapai dengan lebih cepat. Berikut ini alat berat yang sering digunakan di berbagai proyek pekerjaan bangunan. Diantaranya :

-Bar bender

-Dozer

-Excavator

-Vibrator roller

-Dan alat pengangkut seperti truk.

Fungsi Dari Penggunaan Alat Konstruksi

Setelah mengetahui berbagai macam jenis alat berat, berikut ini adalah fungsi dari benda tersebut. Diantaranya adalah :

  1. Bar Bender

Bar bender adalah alat yang digunakan untuk membengkokkan baja atau tulangan dari berbagai macam sudut sesuai yang direncanakan. Cara kerja dari alat ini adalah baja  yang akan dibengkokkan dimasukkan ke dalam poros tekan dan poros bengkok lalu di atur sudutnya sesuai yang diinginkan dan panjang pembengkokkannya.

  1. Dozer

Benda ini adalah alat yang biasanya digunakan untuk mengolah lahan. Cara kerja dozer yaitu sebagai alat pendorong tanah lurus kedepan ataupun kesamping. Jenis dozer tak hanya satu saja. Untuk pekerjaan di rawa digunakan dozer khusus yaitu Swamp Bulldozer.

  1. Excavator

Ini adalah alat yang digunakan untuk menggali tanah atau juga sebagai pengangkut material ke dalam truck. Jenis alat ini lebih dikenal dengan nama Excavator. Benda ini bisa digunakan sebagai alat pengangkut, tetapi tidak bisa dipakai dalam jarak yang jauh.

  1. Vibrator Roller

Vibrator roller adalah alat yang digunakan untuk menggilas atau memadatkan hasil timbunan sehingga permukaan tanah yang dihasilkan menjadi lebih sempurna. Efek yang diberikan dari pemakaian alat ini adalah gaya dinamis pada tanah sehingga partikel tanah akan cenderung mengisi bagian yang kosong.

  1. Truck Loader

Alat berat ini gunanya untuk memindahkan bahan-bahan material. Keuntungan alat ini adalah bisa menempuh jarak yang cukup jauh.

Itulah tadi beberapa macam alat konstruksi dan juga fungsinya. Jika anda sedang membutuhkan alat ini untuk pekerjaan proyek, Sarana Mutu menyediakannya. Untuk mengetahui info lebih jelasnya bisa langsung mengunjungi ke website resminya di http://saranamutu.co.id/.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *