Jangan Khawatir! Ada Solusinya untuk Hasil Print yang Putus-Putus

Memiliki printer sendiri, baik di rumah maupun kantor pasti akan sangat memudahkan. Kalian bisa mencetak dokumen apapun dan kapanpun kita mau tanpa harus pergi ke tempat percetakan dan harus mengantri. Selain itu, kalian juga bisa lebih menghemat biaya. Harga print hitam putih memang biasanya tidak mahal, tapi kalau kita diharuskan mencetak dalam jumlah banyak biaya juga akan menjadi membengkak. Tapi, bagaimana kalau tiba-tiba hasil print putus-putus padahal kalian sedang butuh sekali?

Solusi Hasil Print Putus-Putus

Hasil print putus-putus? Tenang saja, tidak perlu panik karena ada solusi untuk masalah ini.

Cek Tinta

Terkadang, karena terlalu fokus dan terburu-buru, kalian jadi lupa untuk mengisi tinta printer. Pertama-tama, cek tinta kalian apakah masih cukup atau sudah habis. Kalau printer di tempat kalian menggunakan tinta infus, maka lebih mudah mengecek karena bisa terlihat dari luar. Tetapi kalau menggunakan catridge dalam, kalian bisa cek Estimate Ink Levels di aplikasi printer kalian.

Membersihkan Head

Kalau tinta masih ada, kalian bisa melakukan Head Cleaning dengan cara membuka dokumen kemudian CTRL + P dan pilih printer kalian yang bermasalah. Setelah terbuka, klik Preferences… kemudian pilih Maintenance, lalu Head Cleaning. Tunggu beberapa saat setelah kalian memencet Start. Jika sudah selesai, cek dengan Print Nozzle Check Pattern. Kalau masih putus-putus bisa ulangi langkah ini lagi, dan hentikan jika tidak ada perubahan setelah 2 kali percobaan.

Menguras Head

Penyumbatan di head bisa saja terjadi, sehingga perlu dikuras. Langkah ini akan memakan banyak tinta karena akan benar-benar menguras cartridge sehingga akan membutuhkan banyak tinta, pastikan tinta kalian penuh terlebih dahulu. Langkahnya hampir sama dengan membersihkan head, hanya saja kalian bukan memilih Head Cleaning tetapi Power Ink Flushing dan klik Ok kemudian Start. Cetak nozzle pattern lagi setelah selesai.

Kebanyakan Tinta

Print Putus 2

Bukan cuma kekurangan tinta saja yang bisa menyebabkan hasil print putus-putus, tetapi juga kebanyakan tinta. Bukalah printer kalian kemudian ambil cartridge secara perlahan-lahan. Ambil tisu kemudian tempelkan dengan lembut dan hati-hati ke bawah cartridge. Ganti tisu dan lakukan terus sampai tidak banyak tinta yang menempel di tisu. Pasang kembali cartridge ke tempatnya kemudian coba cetak dokumen kalian lagi.

Jangan buru-buru memanggil teknisi atau melarikan printer ke tempat servis, tapi lakukanlah hal-hal di atas terlebih dahulu. Jadi, kalian juga tidak perlu khawatir memikirkan tempat cetak dengan harga jasa print hitam putih ataupun warna yang murah meriah untuk mencetak dokumen-dokumen yang menumpuk itu.