Daya Tarik Perkebunan Kali Klatak di Mata Wisatawan Lokal Maupun Mancanegara

Bila mendengar Kali Klatak yang ada di dalam bayangan kita adalah sebuah kali atau sungai, tetapi Kali Klatak merupakan sebuah nama perkebunan di Banyuwangi. Perkebunan ini merupakan lingkungan alam yang subur, indah, dan memiliki pesona. Letak dari perkebunan ini kurang lebih 15 km, kita harus menyeberang dari kota pelabuhan Ketapang Gilimanuk menggunakan kapal ferry menuju ke pedalaman.

Daya Tarik Perkebunan Kali Klatak di Mata Wisatawan Lokal Maupun Mancanegara

Pesona Perkebunan Kali Klatak

Jika ditempuh dengan menggunakan mobil atau sewa bus pariwisata kita akan menelusuri jalan pedesaan pegunungan yang sejuk dan asri. Luas dari perkebunan Kali Klatak adalah 1013 hektar dan tingginya 450 meter di atas permukaan laut. Suasana perkebunan yang menjadi daya tarik pengunjung untuk mengunjungi wisata agro ini.

Perkebunan Kali Klatak merupakan perkebunan yang mempelopori wisata agro di Banyuwangi bahkan di Indonesia. Perkebunan ini dikelola oleh perusahaan swasta dan memiliki komoditi utama yaitu kopi, coklat, karet, cengkeh, dan rempah-rempah. Bila kita mengunjungi perkebunan  dapat menggunakan jasa sewa bus pariwisata dari https://www.sewabispariwisata.co.id/ kita dapat mengunjungi bagian tertinggi yang bernama Hargosonyo.

Hargosonyo merupakan tempat tertinggi yang dapat kita nikmati dengan melihat pemandangan kota Banyuwangi, Selat Bali, Semenanjung Blambangan, bahkan Pulau Dewat Bali yang sangat indah. Perekebunan ini awalnya dimiliki oleh perusahaan Belanda bernama Mij Moorman & Co, tetapi pada tahun 1957 berpindah tangan ke R. Soehoed Prawiroatmodjo. Beliau merupakan pengusaha pribumi yang memiliki usaha dibidang kopi, karet, dan kakao, tetapi setelah itu semakin berkembang tanaman yang ada di perkebunan Kali Klatak seperti tanaman cengkeh, vanili, lada, kayu manis, kayu putih, kelapa, dan buah pisang, kelengkeng, dan jeruk.

Pesona wisata agro perkebunan Kali Klatak akan memberikan kenyamanan kepada pengunjung, karena panorama alam bisa membuat mata dan pikiran menjadi rileks. Selain itu pengunjung juga dapat menambah ilmu dan pengalaman menari, karena bukan hanya alamnya banyak hal yang bisa dipelajari dengan adanya perekebunan ini. Jangan khawatir karena di perkebunan juga menyediakan fasilitas umum yang lengkap