Cara Menjaga Keselamatan Ketika Memakai Alat Berat

Cara Menjaga Keselamatan Ketika Memakai Alat Berat

Menggunakan alat berat tentunya sangat umum dilakukan dalam sebuah konstruksi pembangunan, terutama pada bangunan yang besar dan tinggi. Alat berat sendiri memiliki jenis dan macam yang berbeda. Hal ini untuk dapat disesuaikan dengan fungsi utama dari alat itu sendiri. Seperti contohnya pada pembangunan jalan raya tentukan akan membutuhkan alat seperti Vibrator Roller untuk memadatkan tanah pada jalan itu sendiri.

Berbeda jika pembangunan dilakukan pada bangunan tinggi, sebuah alat Tower Crane tentu akan sangat dibutuhkan. Sampai dengan saat ini tower crane masih dioprasikan oleh manusia. Dengan ukurannya yang besar dan juga tinggi, bisa mengakibatkan kecelakaan bagi para pekerja jika tidak dioprasikan dengan baik dan benar. Maka bisa disimpulkan jika lokasi konstruksi bangunan juga merupakan area yang berbahaya dan tidak bisa begitu saja dimasuki orang dengan sembarangan.

Umumnya setiap perencanaan pembangunan sudah mempunyai aturan keselamatan demi menghindari dari bahaya kecelakaan yang bisa saja terjadi. Karena itu pastikan jika aturan keselamatan tersebut dijalankan dengan baik agar proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

Cara Menjaga Keselamatan Ketika Memakai Alat Berat1

Alat Keselamatan Proyek Konstruksi

Seperti contohnya pada pengoperasian tower crane, operator diwajibkan mempunyai keahlian yang telah dilisensi. Beberapa penyedia alat berat seperti perusahaan SARANA MUTU memiliki para operator yang juga sudah ahli dan berpengalaman dalam bidangnya masing-masing. Ini juga bisa menjadi salah satu solusi untuk anda yang membutuhkan beberapa alat berat lainnya untuk konstruksi bangunan anda.

Pada proyek konstruksi, ada beberapa alat pendukung untuk menunjang keselamatan setiap pekerja dan pengunjungnya. Memakai alat keselamatan seperti contohnya helm, sepatu boots, rompi dan juga sarung tangan menjadi salah satu cara untuk perlindungan diri. Dan pastikan juga memakai alat keselamatan diri tersebut dengan kualias yang terjamin.

Ada beberapa alat keselamatan yang wajib dipakai, seperti :

  • Safety Helmt. Alat ini sebaiknya selalu digunakan selama jam kerja, bahkan ketika kerja ataupun tidak yang pastikan selama berada di lingkungan konstruksi bangunan tersebut pakailah helmt itu.
  • Kacamata Pelindung. Beberapa proses pembangunan seperti pengelasan, penataan bata dan juga pengeboran membutuhkan sebuah perlindungan mata. Tidak hanya bagian mata saja, usahakan juga alat tersebut bisa digunakan untuk melindungi seluruh bagian wajah.
  • Pelindung Kaki. Pelindung kaki tentunya sangatlah diperlukan pada setiap pekerjaan. Untuk pekerjaan konstruksi pilihlah pelindung sepatu yang terbuat dari bahan sol anti bocor dan juga anti slip.
  • Pelindung Telinga. Ini umumnya dipakai oleh pekerja yang mengerjakan proses pembangunan dengan suara yang bising. Terlebih lagi jika anda bekerja pada level suara maksimum 85 dB selama kurang lebih 8 jam setiap harinya.