Begini Cara Pasang SEO di Website Supaya Rank 1

SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi halaman web supaya menempati posisi paling atas dalam urutan mesin pencari seperti Google. SEO juga dapat digunakan untuk mempromosikan suatu produk yang ada di internet. Jika Anda memiliki bisnis online, urutan halaman web pada Google tentunya akan mempengaruhi bisnis tersebut.

Singkatnya, siapapun yang memiliki website perlu menggunakan teknik ini demi keberhasilan web tersebut. Namun, sayangnya tak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara pasang SEO di website supaya mendapat urutan nomor 1.

Jika halaman web Anda berhasil menempati urutan paling atas pada halaman utama hasil pencarian Google, kemungkinan besar web Anda akan mendapatkan jumlah kunjungan yang sangat besar. Sebab, biasanya seseorang selalu mengakses website yang berada pada halaman tersebut karena dianggap sesuai dengan konten yang ia cari.

Begini Cara Pasang SEO di Website Supaya Rank 1

Hasil studi yang telah dilakukan oleh Infront Webworks, sebuah layanan pemasaran internet asal Amerika, telah mengungkap bahwa website yang berada pada halaman pertama Google mendapat 95% website trafic. Sementara website yang ada di halaman berikutnya hanya mendapat sekitar 5% saja. Sungguh perbandingan yang sangat jauh.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang cara pasang SEO di website. Supaya web atau blog yang Anda miliki dapat memperoleh banyak kunjungan. Dengan begitu, Anda bisa memasarkan produk atau menyebarkan konten web lebih luas lagi.

Cara Pasang SEO di Website dan Mendapatkan Ranking Pertama

Membuat Website Dengan Satu Atau Beberapa Topik

Topik merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat membuat blog ataupun website. Jika Anda masih berada di tahap pemula, mulailah membuat website dengan satu topik dulu namun tetap konsisten untuk terus menulis artikel. Ketika web Anda sudah berkembang menjadi lebih besar barulah coba untuk membuat beberapa topik baru agar situs anda bisa dinikmati oleh kalangan baru sehingga trafict bisa ikut bertambah. Begitu juga dengan blogger tenama yang mengelola webnya sendiri, umumnya mereka berawal dari hanya mengembangkan satu topik saja.

Riset Kata Kunci

Kata kunci merupakan suatu rangkaian kata yang diketikan oleh pengguna internet saat mencari sesuatu di Google. Misal, website yang menjual baju pastinya ingin menguasai kata kunci: Jual Baju Online. Namun, masalahnya tidak semua kata kunci mampu menghasilkan jumlah pencarian yang besar. Maka Anda perlu melakukan riset kata kunci apa yang mungkin menjadi target optimasi SEO. Jangan khawatir, untuk melakukan cara ini Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner dengan mengunjungi situs web adwords.google.com/keywordplanner.

Melakukan Optimasi SEO On Page

Setelah mendapatkan kata kunci yang akan digunakan, kini saatnya Anda mengetahui cara untuk menggunakan kata kunci tersebut di dalam website yang Anda kelola. Ini adalah optimasi yang dilakukan supaya Google menyukai halaman web Anda. Optimasi SEO on page terbagi menjadi title tag, meta description, dan pada body  halaman artikel. Anda harus bisa menempatkan kata kunci pada bagian – bagian tersebut. Kemudian saat menulis sebaiknya kata kunci digunakan secara alami saja, upayakan jangan sampai menumpuk karena dapat mengganggu pembaca Anda.

Mencari Backlink

Langkah ini sebenarnya dilakukan untuk meningkatkan reputasi situs Anda di internet. Backlink adalah tautan yang menampilkan link yang jika diklik menuju halaman website anda. Semakin banyak backlink yang didapatkan, akan semakin banyak pula sumber poin yang diperoleh untuk meningkatkan ranking.

Evaluasi Page Rank Anda

Setelah melakukan beberapa cara pasang SEO di website¸langkah kali ini sangat menentukan keberhasilan web Anda untuk mendapatkan peringkat teratas. Anda perlu meninjau sudah sejauh mana perkembangan website Anda.

Dengan menggunakan tool SERPs, Anda bisa mengetahui peringkat dan jumlah rata – rata pencarian yang relevan dengan topik Anda.Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukan kata kunci dan domain website, kemudian isi kolom area sesuai dengan lokasi Anda dan setelah itu klik tombol Go! Jika sudah mengetahui hasil evaluasi web Anda, segeralah untuk melakukan perbaikan pada postingan berikutnya. Ingat! Keberhasilan itu memerlukan proses panjang