Begini Cara Menyikapi Bus Ugal – Ugalan

Saat berkemudi di atas kendaraan pribadi kita, tak jarang kita menjumpai sebuah bus yang melintas dengan ugal – ugalan. Entah apa yang dipikirkan oleh si pengemudi. Mungkin setoran atau sudah terlambat untuk mengantarkan rombongan yang menyewa bus menuju tujuannya. Yang pasti kita sepakati disini adalah tindakan ceroboh tersebut berbahaya.

Sebagai sesama pengguna jalan tentu kita merasa keselamatan kita terancam. Ketertiban lalu lintas menjadi begitu terganggu sebab bus merupakan kendaraan dengan ukuran besar. Bisa dibayangkan jika kendaraan ini melaju seenaknya sendiri. Pengguna jalan lain pasti kalang kabut. Namun di tengah perjalan tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mengingatkan si Sopir. Kita hanya bisa berharap rombongan yang sedang sewa bus pariwisata tersebut berani menegur langsung pengemudi yang membawa mereka.

Menghadapi Bus Ugal – Ugalan

 

Untuk menyikapi sopir bus yang seenaknya sendiri, pertama mari kita membedakan sikap berdasarkan posisi kita di jalanan.

  • Saat sedang mengemudi

Ketika posisi kita sedang mengemudikan kendaraan lalu berpapasan dengan bus ugal – ugalan hal penting yang harus kita lakukan pertama kali adalah, tahan emosi. Ya, kami tahu seberapa menyebalkannya saat perjalanan kita terganggu oleh pengguna jalan lain yang kurang otak.

Namun meluapkan amarah kita pun justru berpotensi menjadikan keadaan semakin buruk. Akan lebih bijak jika kita bersabar dan menurunkan bukaan gas kendaraan kita.  Hal ini kita lakukan sembari menjaga jarak aman sehingga meminimalisir terjadinya tabrakan. Kita juga bisa memberikan si sopir bus peringatan. Membunyikan klason atau menyalakan lampu dim dapat kita lakukan.

  • Sebagai penumpang di dalam bus

Rasanya tak mungkin ketika kita berada di atas bus yang dikemudikan secara ugal – ugalan merasa biasa – biasa saja. Tentu sedikit banyak kita akan ketakutan. Khawatir jika hal buruk terjadi akibat kecerobohan sopir tersebut. Maka dari itu jika anda sedang di posisi penumpang bus jangan ragu apalagi takut untuk ‘menceramahi’ si pengemudi.

Mencari Bus Aman Ditumpangi?

Meski kenyataan akan fakta buruk soal bus diatas tidak bisa kita sangjal keberadaannya. Namun tetap masih banyak juga armada bus yang bisa kita andalkan. Kita juga harus mengakui bahwa moda transportasi ini  masih menjadi alternatif utama bagi kita dalam berpergian. Tak perlu ditanyakan lagi, kegiatan wisata adalah contoh dimana kita sangat membutuhkannya.

Yang perlu kita pikirkan saat ini bagaimana cara untuk menemukan bus yang aman kita tumpangi. Nah, bagi anda yang sedang mencari tempat sewa bus pariwisata Jakarta, coba anda cek layanan dari Sewabusmurah.com. Disana anda bisa mendapatkan armada bus terbaik, satu paket dengan tenaga driver profesional. Agen bus ini terkenal mengutamakan keselamatan dalam menangani perjalanan para pelanggan. Jadi tidak perlu ragu untuk mengandalkan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *