Bagaimana Cara Menghindari Backlink Dianggap Spam? Berikut Jawabannya

Bagaimana Cara Menghindari Backlink Dianggap Spam

Backlink menjadi satu di antara sekian cara untuk meningkatkan SERP (search engine result page) dari website yang dimiliki, sehingga lebih dikenal publik. Proses backlink sederhana dan banyak perusahaan menggunakan jasa SEO murah sampai yang mahal untuk mengurusnya. Teknik backlink cukup beragam, jika keluar dari aturan mesin pencari seperti Google, maka masuk kategori black hat yang cenderung dianggap spam.

Cara aman memakai jasa SEO murah untuk backlink

 

Cara aman memakai jasa SEO murah untuk backlink 

Salah satu teknik black hat adalah memakai aplikasi lain untuk proses backlink, yang tentunya annoying. Jika diketahui oleh mesin pencari maka akan dianggap spam dan dihapus, resiko paling buruk adalah tidak masuknya website utama ke dalam index mesin pencari. Sehingga website tersebut tidak akan diketahui oleh pengguna internet, maka pondasi bisnis online pun runtuh seketika.

Salah satu upaya untuk mencegah kemungkinan teknik backlink yang diterapkan dianggap spam, tentunya dengan menghindari teknik black hat tadi. Adapun jenis teknik black hat ini antara lain:

• Melakukan keyord stuffing, yakni mengisi satu halaman website dengan keyword secara penuh tanpa ada pembahasan lain selain mencantumkan semua keyword tadi.
• Melakukan paid backlink alias membeli backlink, sehingga link yang diperjual belikan akan memanipulasi ranking.
• Spam komentar dengan mencantumkan link website utama di kolom komentar semua blog sampai status akun sosmed siapa saja.
• Link farming, yakni membangun banyak website untuk dijadikan media membangun backlink menuju website utama.
• Memuat konten tidak berkualitas sehingga tidak memberi manfaat bagi pengguna internet.

Teknik di atas perlahan akan dianggap spam, sehingga beberapa sudah mulai ditinggalkan oleh berbagai jasa SEO Jakarta maupun di kota lainnya. Sebab beresiko website yang digarap mengalami deindex dan merugikan pemilik website itu sendiri.

Teknik menaikkan ranking website secara off-page tak hanya dengan black hat, namun bisa memakai white hat yang dijamin aman tanpa resiko dianggap spam. Misalnya dengan memuat konten berkualitas sehingga merangsang pengguna internet yang membacanya untuk membagikan link. Selain itu bisa pula menambahkan infografis ke dalam konten, karena jauh lebih menarik dan membuat konten ini lebih sering dibagikan pembacanya.

Meskipun teknik white hat ini bebas resiko dianggap spam oleh mesin pencari, namun untuk membangunnya dibutuhkan waktu dan kreatifitas yang tidak bisa muncul dalam semalam. Jika masih ingin memakai jasa SEO murah, maka pastikan kredibilitasnya dulu sehingga memakai teknik white hat tersebut.